suara mesin motor MotoGP yang disambut bergairah di Mandalika

PELUANGINTERNET.COM – suara mesin motor MotoGP yang disambut bergairah di Mandalika Suasana balapan langsung terasa di gerbang pemeriksaan tiket kawasan Sirkuit Pertamina Mandalika, Jumat (18/3). Meski tidak melihat para pembalap yang menunggangi kuda besinya, pengunjung bisa merasakan keseruannya dengan mendengar deru mesin yang menggema di langit-langit sirkuit. Hari ini, para pembalap melakukanlatihan bebasdi hari pertama.
Deru motor memaksa para pengunjung menaikkan volume suara sambil mengobrol, namun para pengunjung tampak menikmatinya. Padahal, tidak semua pengunjung yang paham balap MotoGP. Kebanyakan hanya penasaran untuk merasakan keseruannya.
“Ya saya kurang begitu paham soal balap motor, tapi saya senang saja datang ke sini karena baru pertama kali, jadi saya hanya ingin merasakan suasananya. Berbicara memang harus sedikit berteriak tapi tidak apa-apa, tidak apa-apa. Asyik,” ujar salah satu pengunjung, Warda Nurhilda Shofia, kepada Republika, Jumat (18/3).
Wajar jika masyarakat Indonesia antusias menyambut ajang balap MotoGP karena ini merupakan kali pertama dalam 25 tahun terakhir. Selain itu, pengunjung tidak hanya akan menikmati ajang balapan, karena mereka juga bisa menikmati panorama perbukitan dan pantai berpasir putih yang mengelilingi sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu.
Di sisi lain, para penggiat UMKM juga sudah mulai menggelar merchandise di tenda-tenda yang telah disediakan. Mulai dari kerajinan lokal, merchandise, hingga makanan dan minuman tersedia di tenda. Dengan ini, pengunjung bisa merasakan seperti berkeliling Indonesia dan membeli oleh-oleh khas dari berbagai daerah.
“Saya juga menikmati pemandangannya, banyak jajanan di sini juga, jadi seru banget,” kata wanita berusia 22 tahun itu.
Ajang MotoGP memang menjadi peluang bagi para penggiat UMKM untuk mengenalkan produk lokal kepada pengunjung yang berasal dari luar negeri. Salah satunya yakni Kurniawan yang adalah pengrajin Rotan. Berbagai macam tenun ia jual di lapaknya, mulai dari melayani cover, alas piring, tas dan lain sebagainya. “Kami jual tidak mahal kok ada yang Rp 15 ribu sampai ratusan ribu,” kata Kurniawan. “Selama ini pembeli belum banyak karena baru buka lapak, jadi mudah-mudahan besok di hari H ini semua sudah bisa sold out,” ujarnya.
Meski penampilan utama para pembalap MotoGP baru akan digelar pada Minggu (20/3), pengunjung sudah mulai berdatangan untuk melihat situasi di Sirkuit Pertamina Mandalika. Para pengunjung rela berjalan kaki untuk berkeliling area sirkuit.
Semua pengunjung yang memiliki tiket dapat memasuki area festival dan menikmati semua fasilitas yang tersedia, mulai dari menonton festival musik di panggung utama hingga berbelanja di booth-booth UMKM. Namun, untuk menyaksikan balapan dari tribun penonton harus memiliki tiket yang berbeda.
Namun, pengunjung tetap bisa melihat balapan dari sisi pagar pembatas yang mengelilingi area sirkuit dari dalam. Pengunjung tidak perlu khawatir karena sensasi berada di arena balap tetap bisa dirasakan meski hanya memiliki akses ke area festival.
Selain itu, akan ada festival musik yang akan menghibur seluruh penonton MotoGP. Festival Musik Spektakuler ini akan berlangsung di akhir setiap perlombaan selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 Maret 2022. Musisi yang akan tampil antara lain Padi Reborn, Maliq & D’essentials, RAN, Samsons, Pamungkas, Feel Koplo, Ninda Felina, dan Slank.peluanginternet.com
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar memastikan MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) aman dan lancar. “Kenyamanan dan suasana kondusif di kawasan Sirkuit Pertamina Mandalika sangat penting, mengingat dunia sedang mengalihkan pandangan ke Mandalika,” ujarnya saat meninjau lokasi balapan MotoGP Mandalika.
Ditegaskannya, BNPT berkomitmen untuk bekerjasama dengan semua pihak untuk menyukseskan acara tersebut tanpa ada gangguan sedikitpun. “Oleh karena itu, mari bersama sama menjaga harkat dan martabat Mandalika dengan mengamankan gelaran MotoGP Mandalika 2022,” ujar mantan Kapolres Papua tersebut.
Aparat gabungan TNI dan Polri telah melakukan isolasi untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan selama event MotoGP. “Untuk mengatur arus lalu lintas dan mencegah penumpukan kendaraan di satu titik, kami menerapkan isolasi berlapis,” kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono dalam keterangan tertulis, Jumat.
Insulasi bertumpuk dipraktikkan guna menghindari penimbunan alat transportasi di satu titik. Polda NTB telah mendirikan beberapa posko di Kabupaten Lombok Tengah, seperti Posko Labulia, Posko Batujai, Pos Pemblokiran Bundaran Luar BIZAM, Pos Pemblokiran Bundaran Songgong, Pos Pemblokiran Bundaran Triputri dan Pos Pemblokiran Bundaran Mong.
“Di posko-posko isolasi nanti, petugas gabungan TNI-Polri dan dinas terkait akan mengarahkan pengemudi dan penumpang shuttle bus yang datang dari luar Lombok Tengah untuk melalui jalur yang telah ditentukan,” katanya.
Sejumlah penonton berada di Kelas Deluxe VIP untuk menyaksikan MotoGP 2022 di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3). Ribuan penonton mulai berdatangan dari Lombok dan berbagai daerah di Indonesia untuk menyaksikan balapan MotoGP kedua di Sirkuit Mandalika tersebut.

Akhir Kata

Itulah Artikel “suara mesin motor MotoGP yang disambut bergairah di Mandalika“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Reply

Your email address will not be published.