Rakor Dibatalkan, Mahfud Tegaskan penguasa Fokus sediakan Pemilu 2024

PELUANGINTERNET.COM – Rakor Dibatalkan, Mahfud Tegaskan penguasa Fokus sediakan Pemilu 2024 Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pihaknya telah memutuskan untuk membatalkan rapat koordinasi (Rakor) tentang penundaan Pemilihan Umum 2024 yang rencananya akan digelar pada, Senin. (21/3) besok. Hal itu disampaikannya saat ditanya awak media saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Minggu (20/3).
“Kemarin memiliki berita di Balikpapan ujarnya, Kemenko Polhukam mengundang Bawaslu, mengundang KPU membahas kasus pengunduran dictionaryo pilkada. Ya kita batalkan,” kata Mahfud dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.
Mahfud juga menjelaskan alasan pembatalan rapat koordinasi tersebut. Menurutnya, keputusan ini diambil karena khawatir akan muncul isu liar.
“Karena akan menimbulkan isu liar seolah-olah kita (Kemenkopolhukam) memiliki agenda, padahal sebenarnya kita ingin menjelaskan kepada publik bahwa agenda pemerintah tetap,” jelasnya.
Ia kembali menegaskan, pemerintah tetap fokus mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Umum 2024. Mahfud mengatakan, pemerintah akan bekerja secara profesional dan akan terus menyiapkan jadwal 2024 untuk pemilihan presiden, wakil presiden, legislatif, dan pemilihan kepala daerah secara serentak. 
“Jadi penguasa tengah membentuk rancangan 2024 buat seleksi pemimpin negara serta delegasi pemimpin negara, dan juga seleksi legislatif serta seleksi kepala teritori serempak. Silakan lanjutkan urusan parpol di DPR. Kami akan bekerja secara profesional sesuai tugas kami. dan fungsinya,” ujarnya.
Selain itu, kata Mahfud, terkait pembahasan yang muncul di parpol, DPR, LSM dan ormas, merupakan hal yang lumrah dilakukan. “apabila parpol, DPR, LSM, ormas, bersedia ditelaah, digosipkan saja. Silakan didiskusikan, apa hasilnya soal politik,” ujarnya.
“Tapi untuk pemerintah, saya sekarang sudah menyiapkannya. Tahun 2024 akan ada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan daerah secara bersamaan. Itu sedang kami persiapkan,” imbuh Mahfud menjelaskan.
Ia menambahkan, dalam demokrasi, masyarakat memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat. Berbeda dengan era Orde Baru, di mana partai politik dan LSM tidak boleh berbicara.
“Ini negara demokrasi. Pada era susunan anyar, parpol tidak bisa cakap, LSM serta tidak bisa cakap, pokoknya seluruhnya ditegur. Sekarang bicara,” kata Mahfud.
Sebelumnya diberitakan, surat dengan agenda rapat koordinasi terkait penundaan pemilihan umum serentak 2024 dan isu bakal calon kepala daerah (Pj) beredar melalui aplikasi chat. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD juga angkat bicara soal surat undangan tersebut.
Undangan yang menggunakan kop surat Kemenko Polhukam itu ditujukan kepada Ketua KPU Balikpapan, Ketua Bawaslu Balikpapan, dan Kepala Kesbangpol Balikpapan. Agenda rapat koordinasi yang tercantum rencananya akan dilaksanakan pada Senin (21/3) di sebuah hotel di Balikpapan, Kalimantan Timur dan dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu dan Penguatan Partai Politik.
Mahfud menjelaskan, pertemuan ini bertujuan untuk memastikan kerja pemerintah dalam mempersiapkan Pemilihan Umum 2024. “Jadi itu rencana buat menanggapi kalau gosip janji pemilu tidak bakal pengaruhi tingkatan aktivitas negara menyiapkan Pemilu serta Pilkada 2024,” sabda Mahfud pada juru berita, Jumat. (18/3).
Mahfud menegaskan, pemerintah akan tetap berpegang pada agenda konstitusi yakni Pemilukada dan Pilkada dilaksanakan serentak pada 2024. “Artinya, pemerintah akan bekerja dengan berpegang pada agenda konstitusi bahwa pada 2024 Pemilu dan Pilkada dilaksanakan serentak, “jelasnya.peluanginternet.com

Akhir Kata

Itulah Artikel “Rakor Dibatalkan, Mahfud Tegaskan penguasa Fokus sediakan Pemilu 2024“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Reply

Your email address will not be published.