Panduan Memilih Efek Terbaik Untuk Investor Pemula

PELUANGINTERNET.COM – Dalam negeri pasar modal tampak sebagian sebutan yang mesti diketahui serta dimengerti. Salah satunya adalah surat berharga. Karena sebagai investor atau investor perlu untuk memilih sekuritas yang terbaik.
Apa itu keamanan?
Secara bahasa, security berasal dari kata security yang berarti keamanan. Pengertian umum, surat berharga adalah surat utang yang bersifat likuid. Artinya surat tersebut dapat dengan mudah dicairkan secara tunai.
Apa itu perusahaan sekuritas?
Perusahaan Efek merupakan bagian dari Bursa Efek Indonesia. Merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transaksi surat berharga yaitu jual beli surat berharga.
Secara sederhana, perusahaan efek adalah perusahaan yang menjadi jembatan atau penghubung antara investor dengan pasar modal.
Perusahaan sekuritas harus memiliki izin khusus.
Dalam sebuah perusahaan sekuritas, ia memiliki seorang pialang yang akan menangani transaksi yang akan dilakukan oleh investor.
Tugas broker adalah memberikan rekomendasi kepada investor tentang saham mana yang menarik dan kapan waktu yang tepat untuk bertransaksi.
Ketika seorang broker memberikan rekomendasi maka itu telah melalui analisis yang tajam bukan asumsi pribadi.

Panduan Memilih Efek Terbaik

Pada tahun 2019, terdapat 109 perusahaan efek di Indonesia. Hal ini tentu saja akan menyulitkan Anda untuk menentukan keamanan terbaik yang akan Anda pilih.
Karena sekuritas terbaik akan sangat membantu investasi Anda agar tidak sia-sia dan tentunya bisa mendapatkan keuntungan yang besar.
Untuk memilih sekuritas terbaik, Anda dapat mengikuti enam panduan berikut:

1. Pilih sekuritas dengan biaya transaksi kecil.

Tidak ada makan siang gratis, ini adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan bahwa tidak ada yang gratis. Bahkan tidak membayar untuk buang air kecil, kan? Begitu juga di perusahaan sekuritas.
Ketika Anda menggunakan jasa perusahaan sekuritas dalam transaksi saham yang akan Anda lakukan, Anda akan dikenakan biaya baik untuk transaksi jual maupun beli.
Nilai atau persentase yang ditetapkan oleh perusahaan sekuritas sebagai fee-nya juga bervariasi. Bisa sekitar 0,15% untuk transaksi beli dan 0,25% untuk transaksi jual.
Ini tidak sakral, karena setiap perusahaan sekuritas memiliki biaya sendiri-sendiri.
Pilih perusahaan sekuritas yang mengenakan biaya kecil karena ini akan membuat potensi keuntungan Anda lebih besar daripada yang dengan biaya besar. Karena nantinya keuntungan dari transaksi saham Anda akan semakin kecil.

2. Kemudahan Pembukaan Rekening

Untuk dapat bertransaksi dengan suatu perusahaan, diperlukan buku rekening tersendiri.
Beberapa perusahaan sekuritas memberikan kemudahan bagi Anda untuk membuka rekening tanpa harus ke kantor. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir online yang akan dikirimkan melalui email Anda.
Setelah diisi, Anda dapat mengirimkan formulir yang telah diisi melalui kurir atau ekspedisi.

3. Data waktu nyata disediakan secara gratis.

Jika Anda ingin menjadi trader profesional yang tidak hanya sekedar menabung dan menunggu untung dari transaksi saham, maka Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan data real time.
Dengan hadirnya data real-time, Anda bisa menganalisa apakah kondisi pasar sedang baik atau buruk. sebab hal pasar hendak pengaruhi naik maupun turunnya ponten saham.

4. Pilih Setoran Awal Kecil

Perhatikan setoran awal, jangan sampai memberatkan keuangan Anda. Setiap perusahaan efek memiliki kebijakan mengenai penyetoran awal.
Ada perusahaan yang menerapkan setoran awal dengan nilai tinggi dan ada juga yang kecil. Sebagai permulaan, Anda memilih perusahaan sekuritas yang menerapkan setoran awal yang kecil sehingga tidak membebani keuangan Anda.
Setoran awal sama dengan setoran awal. Jadi mekanismenya sama dengan e-money. Ini akan autodebit ketika digunakan untuk membeli slot saham.peluanginternet.com

5. Memiliki Fasilitas berupa Transaksi Online

Di era digital seperti sekarang ini dimana segala sesuatunya termonitor melalui dunia maya, fasilitas transaksi online tentunya juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan sekuritas untuk dihadirkan.
Dengan hadirnya fasilitas transaksi online, Anda akan dengan mudah melakukan transaksi saham. Kamu bisa bertransaksi sambil minum kopi, makan snack atau hal seru lainnya.
Perusahaan sekuritas terbaik juga pasti akan menghadirkan aplikasi dengan fitur lengkap dan canggih seperti berita terkini tentang ekonomi, grafik saham dan indikator yang menunjukkan perkembangan saham.

6. Tidak Memiliki Track Record yang Buruk

Panduan atau tip terakhir untuk memilih sekuritas terbaik adalah dengan mempertimbangkan track record-nya. kongsi wesel terbaik ialah mereka yang tidak mempunyai peringatan tidak baik dalam operasinya.
Salah satu contoh rekor buruk seperti yang dialami oleh PT. Maybank Kim Eng Sekuritas, PT. Mandiri Sekuritas, dan CIMB Securities yang mendapat teguran dari Bursa Efek Indonesia.
Pilih juga perusahaan sekuritas yang memiliki aktivitas transaksi tinggi. Karena jika transaksinya tinggi, berarti banyak investor yang percaya dengan sekuritas tersebut.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Panduan Memilih Efek Terbaik Untuk Investor Pemula“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Reply

Your email address will not be published.