Internet Marketing: Pengertian dan Penjelasan

PELUANGINTERNET.COM – Internet menawarkan manfaat unik yang tidak dapat ditawarkan oleh media pemasaran lain, yang mencakup jangkauan, opsi untuk mempersonalisasi konten, dan peluang untuk membangun hubungan pelanggan yang luas. Tapi, apa itu pemasaran internet?
Pengertian
Internet marketing dikenal juga dengan istilah internet marketing, electronic marketing, e-marketing, digital marketing, dan online marketing.
Kelimanya merupakan istilah yang mencakup segala upaya untuk mempromosikan dan menjual suatu merek/bisnis/produk/jasa melalui media internet/elektronik.
Sejumlah strategi dan taktik pemasaran internet dapat bervariasi tergantung pada alat apa yang Anda gunakan. Istilah internet marketing memang cukup luas, sehingga sering disandingkan/disamakan dengan istilah “content marketing”.
Banyak orang berpikir bahwa pemasaran konten adalah metode pemasaran inovatif yang efisien dan efektif.
Pengertian content marketing sendiri adalah internet marketing yang berpusat pada pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan, bernilai, dan konsisten.
Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli lebih banyak barang dan menghasilkan keuntungan.
Bidang Khusus

Pemasaran Internet Pemasaran Internet berkembang pesat karena semakin banyak orang menggunakan internet setiap hari, dan karena semakin banyak orang membeli barang dan jasa secara online. Meskipun cakupannya sangat luas, pemasaran internet dapat dipecah menjadi area yang lebih khusus seperti:

  • Pemasaran web: mencakup situs web e-niaga, situs web pemasaran afiliasi, situs web promosi atau informatif, iklan online di mesin telusur, dan hasil mesin telusur organik melalui mesin telusur. optimasi (SEO).
  • Pemasaran email: melibatkan upaya periklanan dan pemasaran promosi melalui pesan email kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan.
  • perdagangan alat sosial: mengaitkan usaha periklanan serta perdagangan (terhitung perdagangan viral) lewat jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, serta semacamnya.
  • Optimisasi mesin pencari (SEO): melibatkan pengoptimalan halaman arahan dalam situs web Anda untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Masing-masing dari keempat jenis pemasaran internet ini mencakup banyak strategi dan taktik yang berbeda. Keempat daftar ini juga saling melengkapi dan sering digunakan bersama-sama.peluanginternet.com

Tujuan marketing Internet

Berikut adalah beberapa tujuan pemasaran internet untuk bisnis:
1. Menarik Pelanggan Baru
Tujuan ini dapat dicapai dengan berfokus terutama pada desain web, SEO, dan iklan media sosial berbayar. Misalnya, Anda dapat menggunakan testimonial dari pelanggan Facebook untuk diunggah ke akun bisnis Instagram Anda dan sebaliknya.
Anda juga dapat membayar influencer atau selebriti untuk berbagi informasi tentang produk Anda dengan komunitas mereka.
Cara ini cukup ampuh untuk menarik pelanggan baru, namun Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan influencer atau seleb yang profesional dan memiliki citra yang baik.
2. Menumbuhkan Loyalitas Merek
Selain menarik pelanggan baru, pemasaran internet juga penting untuk mempertahankan pelanggan setia dan jangka panjang.
Anda dapat menggunakan email, blog, atau taktik media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, menumbuhkan komunitas online yang kuat, dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
Misalnya, kirim email yang dipersonalisasi ke pelanggan lama untuk mengesankan mereka, kirim voucher diskon berdasarkan apa yang telah mereka beli sebelumnya, atau ingatkan mereka tentang produk baru yang akan segera Anda terbitkan.
3. Keperluan Lain
Menjual barang, jasa, atau iklan melalui internet.
Sebagai lapak baru yang dapat diakses 24 jam sehari selama 7 hari seminggu oleh pelanggan.
Memfasilitasi komunikasi langsung antara bisnis dan konsumen.
Memungkinkan pemilik bisnis/admin untuk merespons kebutuhan konsumen dengan cepat.
Mengkomunikasikan pesan dari perusahaan kepada publik (membangun merek).
Melakukan riset dan mengidentifikasi target pasar.
Menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pemasaran.
Strategi Pemasaran Internet
Ada empat strategi yang dapat Anda terapkan untuk menyukseskan pemasaran internet Anda, yaitu:
Optimalkan kata kunci: teliti kata kunci yang ingin Anda targetkan untuk ditemukan di hasil mesin pencari, dan temukan topik yang diminati audiens Anda sebelum Anda membuat isi.
Fokus dan komitmen terhadap konten (jenis konten apa yang akan Anda buat? Seberapa sering Anda akan memposting? Di mana Anda akan memposting?)
Promosikan promosi melalui web atau media sosial dengan cara yang menyenangkan, seperti kuis, giveaway, survei, dan sebagainya.
Buat website yang user-friendly yang dapat diakses dengan smartphone.peluanginternet.com
Contoh Pemasaran Internet
Membaca arti dan tujuan pemasaran internet tidak cukup untuk benar-benar memahami cara kerjanya. Sebaliknya, Anda harus melihat contoh nyata yang dapat menginspirasi Anda. Enam di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Artikel Blog dan Website
Posting artikel di blog atau website adalah salah satu cara yang paling umum dilakukan para pemilik bisnis internet marketing. Ini karena situs web dan blog adalah platform konten paling ideal yang dapat Anda gunakan untuk memposting banyak konten, artikel, dan gambar, yang semuanya dapat mengarah pada nama bisnis Anda.
2. Sosial Media
Pemasaran melalui media sosial adalah salah satu contoh pemasaran internet yang paling efektif di hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia.
penjualan penghubung sosial meliputi iklan materi serta servis yang dijalani di Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Media sosial kaya dengan pelanggan potensial, yang berarti meningkatkan keberhasilan promosi bisnis Anda.
3. Infografis
Jika Anda ingin menampilkan produk atau layanan Anda dengan cara yang mencolok dan menarik, infografis adalah pilihan yang tepat.
Konten jenis ini terbukti ampuh menarik banyak pelanggan karena tidak terlihat monoton. Anda dapat memilih ilustrasi unik dan kontemporer yang relevan dengan bisnis Anda untuk menjelaskan konsep Anda, atau menggunakan grafik, bagan, dan gambar.
4. Tips dan Trik
Jenis konten lain yang tidak kalah populer dari infografis adalah konten yang berisi tips dan trik. Misal bisnis kamu jualan baju, jadi buatlah contoh OOTD yang sedang berlangsung atau OOTD untuk pergi ke berbagai acara.
Jika Anda menjual make up, berikan tutorial menggambar alis yang mudah, cara membuat bibir ombre, tutorial make up tanpa cela, dll.
5. Video
Video adalah jenis konten yang paling populer saat ini. Alasannya karena video mudah untuk dikonsumsi, menghibur, dan lebih asyik untuk mendengarkan penjelasan melalui gambar dan suara daripada membaca teks yang panjang.
6. Pemasaran Afiliasi
Jika Anda memiliki anggaran lebih untuk operasi bisnis, gunakan pemasaran afiliasi untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Afiliasi pemasaran adalah Anda meminta orang lain untuk mempromosikan dan memasarkan produk Anda, dan setiap kali Anda melakukan penjualan yang sukses, orang itu akan mendapat komisi dari Anda.
Pemasaran afiliasi memungkinkan pemilik bisnis untuk bersantai sementara afiliasi mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Jenis internet marketing ini juga cukup efektif di Indonesia dan berbagai negara lainnya.
Akhir Kata
Itulah Artikel “Internet Marketing: Pengertian dan Penjelasan“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Reply

Your email address will not be published.